Wednesday, March 12, 2008

:: Toraja Trip 1

Whuaduh dah brapa minggu gak ngeblog.. ampir sebulan jek. Posting terakhir tuh tanggal 20 banyak kejadian sih termasuk kunjungan ke Toraja selama beberapa hari. It was great! Kunjungan pertama cuma dua malam tiga hari akhir februari :

Day 1 First visit :
Kita berangkat malam berempat naik bis, ternyata harga tiket dah naik 10.000 dari bulan januari (maklum) naik bus litha, lumayan enak ada leg restnya, sebelah gue bapak-bapak yang bakal jadi guide selama kita disana, namanya pak Martinus dan dia pulang ke Toraja nengok keluarganya sekalian gitu, di daerah Limbong (yang susah dijelaskan pake kata-kata, tapi ntar gue jelasin deh..) Sepanjang malam tidur pulas, kita naik bis terakhir dari makassar tapi nyampe di Makale duluan? Ampun dah.. setelah berteriak-teriak pagi-pagi di depan rumahnya temen minta dibukain, akhirnya kita bisa beristirahat dengan tenang.

Day 2 First Visit :
Sekitar jam 09.00 pagi kita bersiap-siap untuk mengunjungi area pertama yaitu di Limbong.
Ada berapa hal yang gue inget; udara makale gak dingin-dingin amat, air dijatah ma PDAM setempat, Harga bensin eceran ampe 15.000 per liter dan ini perjalanan yang bakal gue inget seumur hidup. Setelah dapetin mobil hardtop yang abis didekor buat pesta kawin (gubraaak..!!), berangkatlah kita ke Limbong via Rantepao, cuaca agak mendung pas kita jalan dengan sopir yang emang jago; Om Yoker, bersama-sama kami menyanyikan theme song kartun Ninja Hatori "Mendaki gunung lewati lembah sungai mengalir indah ke samudera.."

Ampun dah bener.. tuh jalan naek ke limbong; sudut kemiringan ampe 70 derajad, jalan batu cadas tajam dan selama hampir dua jam kita berempat tergoncang-goncang di mobil (Gue masih bisa tidur lho.. sementara yang laen pada mules-mules). Foto-foto di puncak gunung uih keren mantap abizzz, nah setelah dua setengah jam perjalanan sampailah kita di daerah limbong yang ternyata awesomely beautiful! Desanya ada di suatu lembah yang dikelilingi pegunungan kereeeennn banget, tanahnya luar biasa subur dari pengamatan gue tapi nggak diberdayakan secara maksimal. Setelah ketemu pak lurah pemuka desa dan tokoh masyarakat buat ngejelasin maksud kedatangan gue, mulailah gue beraksi mengaduk-aduk tanah nyari sampel.

Nah perjalanan pulangnya kita mampir di rumah keluarga pak Martinus, buat makan siang dan menunya ajiiiiiibbbbbb ueeeeeennakkkk tenan... dendeng B2 kering masak rempah (bumbunya jahe, bawang, garam,lengkuas, serai, kunyit, daun salam dan bumbu rahasia keluarga pak Martin) betul-betul mak nyooooooosssssss!!! makan di tengah suasana hamparan lembah begitu.. aduh kalo gak inget kerjaan maunya nginep semalam lagi dah! Disitu kita malah jadi "wong ndeso" karena kita diliatin ma orang satu kampung yang mungkin jarang liat pendatang dengan penampilan yang "ajaib" kayak gue yang temtu penampilan saat itu emang lagi enggak klop. :P

Pulangnya kembali kita berguncang-guncang selama 2 setengah jam buat nyampe ke Rantepao dan balik ke Makale tapi kita sempet mampir berkunjung ke rumah temen disono. Nyampe makale, food hunting sorenya, dapet Bakso B2 yang emang beda banget ma di makassar, lebih uenak disini dan opkors lebih murah.. cuma dengan Rp 8000 dapet bakso 6 biji nyuknyang 2 biji dan pangsit goreng 2, yang gedenya sebola pingpong gitu.. malam dijamu pake ikan goreng ma papiong (B2 dimasak pake daun pisang gitu di dalam bambu yang dibakar). Excellente! Malem review kegiatan dan atur perlengkapan buat besok. Semuanya molor cepet kecapekan kali ya?

Day 3 First Visit:
Hari terakhir, kita berkunjung ke rantepao buat ketemu temen sekalian liat-liat
kota ma jalan-jalan ke gunung, ke sawah bahkan ke kandang tedong (kebo) juga. Seharian keliling rantepao dan makale. Pas sore ketemuan ma Rolly disana, ternyata Ipha ma Rafael lagi di Sidrap, jadi gak ketemu.. nah kita naik ke atas di warung 53 buat coba sate B2 bumbu sambel katokong (Anjrot, nih sambel puedhhhesssnya massaowwo dah!), nah pas masuk warung ada kejadian yang bikin gue geli, brapa minggu ini ane punya tampang kan lagi ngikut modelnya Ahmad Dani gitu, trus gue pake celana jomplang jadi muke ane dah kayak muke-muke yang model begitu.. nah pas masuk ada 2 bapak bertampang aparat di warung situ melotot ke gue, terus perhatiin ampe gue duduk. Gue mikir "Whaduh muka gini nyari B2? Dicurigain neh.." Eh abis Rolly masuk tuh bapak kayaknya kenal dia, jadi udah gue gak diperhatiin lagi, setelah cari tahu ternyata tuh bapak salah satu pejabat tinggi keamanan disitu, mungkin dia pikir gue golongan "itu tuh.. you know who" yang mau cari gara-gara. Sambil makan-makan crita-crita semua kejadian di Makassar, anjrep tuh sambel ya.. minta ampun puedhesnya dan yang lebih mantap satu tusuk sate panjangnya ampe 30 cm, potongan dagingnya sejempol anak gajah gitu.. pulang bungkus buat bawa pulang dan makan di rumah dan juga borong cabe katongkong bikin sambel di rumah. Perjalanan pulang ke Makassar lumayan "panas" di bis, dari bangku paling belakang gue dipindah ke bangku paling depan dan kebetulan sebelah gue ada.. (jangan crita ah.. serem soalnya, you don't want to know what happen that night with us.. heuheueheuheueheueheu..)