Thursday, March 13, 2008

:: Toraja Trip 2

OOO... ada yang penasaran neh.. tentang kejadian di bis. Males crita, ntar ente kepingin lagi Mr. H.. Okaaay lanjut lagi critanya deh..

Hari minggu malem tepatnya senin dini hari ane harus jemput rombongan dari Jakarta di bandara, balik rumah dah jam 2 pagi, dan besoknya udah harus stenbai di oppis jam 8, tidur cuma 3 jam.

Senin :: Jemput rombongan, dibagi dua ke oppis, atu pake mobil nah yang rombongan kedua ini yang belum pernah naik becak maka gue harus ikut rombongan kedua naek becak yang lumayan gempor dari hotel ke kantor situ. Yo wisss... nyampe kantor meet & brief trus matengin rencana buat kegiatan sepanjang minggu, rapat selese jam setengah enam dan gue harus balik lagi ke tempat kerja lama, buat beli perlengkapan, malah ketemu ndoro boss dan pak moeis ma pak andi di situ.
Balik rumah, trus malamnya pergi makan-makan di Mutiara; Enak banget banyak banget jenis makanan yang dikeluarkan disitu, pokok’e waregh.. banyak diskusi ma mike n peter buat pelatihan ntar.

Selasa :: Kita ke lokasi proyek buat training ma susun batu, trus malemnya meeting deui..

Rebo :: Kita dapet pelatihan tanggap bencana di BaKTI, heheuheu.. ketemu lagi Ms. S.L. disono.. aduh makin bening aje nih si eneng.. kenalin ma Mr. H enggak ya? Jangan ah.. kasian dianya ntar.
Nah malem kita rame-rame berangkat ke Toraja, sebenarnya rencana awal mo pake dua mobil tapi karena sesuatu dan lain hal maka kita rame-rame naik bus Alam Indah jam 10 malam. Pas nyari taxi sempet ada sedikit insiden.. biasa.. taxi rebutan penumpang gitu.. setelah selesai masalah taxi mulailah kita jalan ke Toraja. Sepanjang jalan nggak semuanya bisa tidur tenang, ada yang kebocoran, trus kedinginan.. but it was okaaaay… kita nyampe jam 5 dan dijemput mobilnya Novotel buat diantar ke Hotel. Gue sekamar ma Peter orangnya pendiam jadi kalo bicara seperlunya aja tapi asik sih soalnya nyambung kalo diajak ngobrol soal film ampe pengetahuan umum gitu.

1st day second visit :
Sarapan jam 7 pagi, ternyata dalam rombongan gue -/+ 60% anggotanya punya kesamaan : Hobby makan! Biar bodinya kurus-kurus menunya massaowwo… sama ma gue gitu, jadi satu meja gede diisi makanan 2 orang doang : Nasi putih, Chicken Grill, Beef Steak, Eggs Scramble, Chips, Bacon, Toast, Croissant, Butter Bread, Tamarella Juice, Black coffee belom sambel, gula, krim, susu ma buah-buahannya. Yang laen cuma geleng-geleng aja melihat aksi “penjarahan” kami tiap pagi 2 hari berturut-turut. Abis makan semuanya istirahat dan kita ketemu lagi buat makan siang : Nasi putih, Ayam goreng saos, tumis sayur, sup labu (pake susu ma krim kocok), krupuk ma buah-buahan. Abis makan kita ke lokasi pelatihan buat ngecek lahan. Sepanjang hari suara gue ilang gak bisa ngomong banyak, kena panas dalam; bibir pecah-pecah, sariawan, tenggorokan sakit ampun dah.. padahal malemnya gue harus tugas pimpin pujian di tempatnya Ikal. Eh abis pulang dari lokasi buat siapin semuanya kita balik ke Rantepao, ternyata suara gue ada dan tetep bisa melayani sekalian terjemahin orang yang bersaksi. Nah abis pelayanan kan dijamu makan, suara gue ilang lagi.. aneh ya? Balik hotel jam 10 malem, pas ada pagelaran tari matre di hotel, ada turis jepang ma turis prancis yang gak tau nape gue mrinding liat mukanya kayak tipe-tipe agak-agak psiko gitu.. sebelum molor nonton Charlie Angels: FullThrotel. B rated movie..

2nd day second visit :
Aksi penjarahan sarapan dimulai lagi, gue, Peter, Mike and Ron langsung memborong makanan di meja. Asli.. croisant ma fruit yoghurtnya Novotel Toraja enak banget! Abis sarapan kita langsung ke loaksi buat pelatihan, perjalanan kuleb se-jam. Pas mo pelatihan baru tahu kalo Peter ketinggalan sebagian peralatan di mobil kemaren, gue mo balik ke kota pinjem motor enggak nyampe malah sandal gue ancur, tapi yah.. GOD make a way.. jadi dengan peralatan seadanya berhasil dibuat peralatan yang canggih.. (yeah right..) tapi berhasil lho.. abis tuh demo bikin kompos ma pestisida organik, abis demo kita balik buat makan siang di rumah ikal. Sempetin nyari sandal, balik ke hotel rame-rame naik sitor alias becak motor. Setelah istirahat dan tidur sempet nonton filmnya Kurt Russel ma Dakota Fanning yang tentang Kuda pacu lumayanlah.. gue lupa judulnya. Sempetin berenang dua jam-an gitu rame-rame; maen biliar; karena malam gue harus jalan duluan ma Peter naik bis abis makan malam. Kita makan malam di hotel rame-rame ma keluaganya ikal, abis doa gue ma peter pulang duluan, karena harus nyampe bandara pagi-pagi. Sepanjang perjalanan Peter banyak bagi pengalaman hidupnya dan gue ngerasa diberkati banget selama perjalanan pulang, banyak ma BIG BOSS dibukakan tentang konsep hidup yang berkecukupan dan berkelimpahan, jadi makin banyak nyerap apa yang baik dan apa yang tidak buat ngerancang masa depan lewat apa yang sedang gue kerjain sekarang ini. AWESOME GOD!!

Sabtu :: Pagi-pagi nyampe makassar, nyuci ma antar baju ke londry trus ke DINAR buat reservasi fellowship terakhir. Pas siang agak ribet karena harus mengurus beberapa hal buat persiapan yang mau pulang dari toraja. So on jam enam gue ditelpon buat nyari Diet Coke, untungnya dapet di hero trus baru tahu juga kalo Pizza Hut dah dibeli n merger ma Coca Cola? Pantes ada promonya gitu… Malam gue dateng eh ternyata rombongannya agak telat dateng jadi selama kuleb satu jam gue konser tunggal di ruangan; karaoke-an gitu.. dari Jikustik ampe Chicago (satu albumlah..). Abis makan tiap orang bagi pengalaman, ternyata ada satu hal yang sama terjadi; kalo BIG BOSS bicara ke tiap pribadi saat perjalanan pulang ke Makassar dengan cara yang berbeda-beda tapi dengan tujuan yang sama, memperlengkapi setiap kami. Dahsyat banget maaan!!! Abis fellowship gue balik rumah dan bisa tidur dengan tenang.

Minggu :: Ibadah pagi, dan ngantar rombongan pulang ke bandara, pengalaman yang luar biasa; dapat banyak hal dan belajar pengalaman hidup orang lain, dan makin ngebuka wawasan gue tentang kehidupan yang makin luar biasa indah ditengah situasi yang makin enggak bisa diperkirakan di waktu mendatang. Abis dari bandara kita makan siang Pangsit Mie di Jl Sulawesi.. brapa bulan kalee gue gak makan disini. Abis molor, sorenya diajakin pergi ma Ms. Endut ke MaRI buat nyari buku.. yang buntut-buntutnya same aje.. beli VCD fitness hrmmmpphhhhh…. Nggak ngefek tuh… bidewei entah napa gue jadi pengin makan pizza yo wiss ke Pizza Hut.. (maap Mr H, kita gak ngajak-ngajak..) nah di dalem Ms Endut pengen Shrimp Bites, yang harganya enggak sebanding ma bentuk dan rasanya.. nyesel banget pesen tuh barang [absolutly not recommended!] bayarnya pake duit pulsa yang gue ngutang ma si kobok. Pulang dari MaRI pergi kerumahnya Ebet buat ngambil pesenan, bagi-bagi dana kerohiman ma anak musik trus molor…

Lanjut besok critanya… more story to tell ya’